| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Friday, June 3, 2016

WOW.. Spons laut tertua dan terbesar ditemukan



Para ilmuwan menjelajahi petak dalam laut di kepulauan Hawaii, dan mendapat kejutan yang tak terduga ! Mereka tak sengaja menemukan makhluk dengan rupa mengerikan yang tinggal di bawah laut.
Makhluk itu ternyata adalah spons laut! Satu spons laut terbesar yang pernah tercatat. Imuwan juga mengatakan bahwa spons laut tersebut merupakan salah satu hewan tertua di planet ini. 

Penemuan ini terjadi pada musim panas lalu oleh tim ilmuwan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Ilmuwan melakukan ekspedisi mengunakan kapal Okeanos Explorer, Mereke mendokumentasikan penemuan ini dalam sebuah laporan yang diterbitkan pekan ini dalam jurnal Marine Biodiversity.
Spons ditemukan di Monumen Nasional Kelautan Papahanaumokuakea, salah satu Situs Warisan Dunia, pada kedalaman 7.000 kaki. Spons diperkirakan memiliki ukuran panjang 12 kaki, tinggi 7 kaki, dan lebar 5 kaki.
"Menemukan sebuah spons besar dan tua ini mungkin dapat menjadi dorongan lebih banyak yang dapat dipelajari dari lingkungan bawah laut yang masih murni. Salah satunya adalah Papahanaumokuakea,” ungkap Daniel Wagner, seorang spesialis riset NOAA dan pemimpin ekspedisi.

Sebelumnya, spons terbesar yang pernah tercatat ditemukan pada tahun 1887 di lepas pantai barat Kanada. Spons yang sebanding panjang ditemukan laut dari Kepulauan Hawaii utama, tetapi tidak memiliki tinggi atau lebar yang berbeda.

Wagner dan rekannya, Christopher Kelley dalam laporan memaparkan bahwa beberapa spons laut telah diperkirakan hidup lebih dari 2.300 tahun dan mencapai ukuran besar. Selain penemuan spons laut terbesar di Bumi, mereka juga menggarisbawahi penemuan ini menjadi acuan kebutuhan untuk melindungi daerah ini dengan tindakan konservasi tertinggi yang tersedia.

sumber: NationalGeographic Indonesia

0 comments:

Post a Comment