| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Saturday, June 25, 2016

Tuna Sirip Kuning, Ikan yang Bernilai Tinggi


Sumber daya laut Indonesia memiliki potensi yang melimpah sehingga perairan Indonesia sering menjadi incaran banyak kapal asing yang bertujuan untuk mencuri ikan. Jenis ikan bernilai ekonomis tinggi yang banyak terdapat di perairan Indonesia salah satunya adalah tuna sirip kuning (tuna yellowfin). ikan ini cukup laku dipasaran Internasional dan lokal.

Tuna sirip kuning atau dikenal sebagai yellow fin tuna

Rasa yang enak dan citarasa gurih membuat Ikan tuna sirip kuning ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dibanding jenis ikan lain. Para penikmat hidangan ikan laut rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan ikan ini. Pasar tuna yellowfin terbesar adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

 baca juga: http://www.satulaut.com/2016/06/walau-alergi-masih-bisa-koq-untuk.html

Tuna sirip kuning merupakan hidangan yang populer pada restoran kelas atas

Ikan tuna sirip kuning ini biasanya ditangkap menggunakan pancing. Nelayan yang mendapatkan ikan tuna sirip kuning dihargai sekitar 40 ribu per KG berat kotor ikan. Nilai ini bisa bertambah jika nelayan mendapatkan ikan dengan kualitas daging yang cukup baik. Umumnya satu ekor ikan dengan panjang sekitar 1 meter dapat berbobot 40-50 Kg. Sehingga satu ekor ikan ini bisa bernilai 2 Juta Rupiah. Lain hal nya jika mendapat ikan dengan kualitas super yang panjangnya bisa mencapai 1,5 meter, ikan ini bisa bernilai 100an juta Rupiah, dan akan lebih tinggi lagi pada pasaran internasional.

Aksi pencurian ikan yang dilakukan kapal ilegal asing memang sangat merugikan Indonesia. Indonesia kehilangan pendapatan US$ 20 miliar atau setara Rp 270 triliun  per tahun akibat tindakan ilegal tersebut, demikian laporan Bank Dunia.
Sekadar informasi tambahan, Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar ikan tuna. Tuna yang biasa ditangkap di perairan Indonesia, antara lain jenis yellowfin tuna, big eye tuna atau biasa disebut tuna mata besar, albacore, dan southtern blue fin tuna.

Potensi tuna sirip kuning yang terbesar di Indonesia diperkirakan berada di Laut Flores dan Selat Makassar, dengan luas area penangkapan sekitar 605 ribu kilometer persegi (km2). Selebihnya, Ikan ini tersebar mulai dari utara Perairan Aceh hingga ke perairan Papua.

0 comments:

Post a Comment