| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Friday, June 3, 2016

Mahasiswa Ilmu Kelautan IPB Eksplorasi Potensi Bioaktif Biota Laut Kratatau



Mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terdiri dari Tio Wibisono, AT Mahadi, Tri Nur Sujatmiko, Paradita Hasanah, Willy Angraini, Akbar Habibie, Maysell Riasnasari, dan Sunita Ayu Purnamaningsi melakukan penelitian di Krakatau (14-17/4). Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dibimbing oleh Dr. Nevianty P. Zamani. Tujuan kegiatan ini adalah eksplorasi biota laut seperti soft coral dan spons untuk menguak potensi sebagai sumber obat-obatan.
 
Krakatau merupakan salah satu cagar alam di Indonesia dengan gugusan pulau Krakatau yang terdiri atas beberapa pulau, diantaranya Pulau Rakata, Pulau Sertung, Pulau Panjang dan Anak Gunung Krakatau. Anak Gunung Krakatau salah satu contoh gunung berapi yang muncul dari lautan di Indonesia. Hal ini menyebabkan kawasan Cagar Alam Krakatau memiliki keunikan untuk diteliti lebih jauh.

 Kegiatan ekplorasi keanekaragaman Krakatau terus dikembangkan begitu pula dengan mahasiswa dari Departemen ITK untuk mengadakan penelitian yang akan diikutsertakan dalam ajang kompetisi PKM. “Semoga kegiatan penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan eksplorasi sumberdaya alam di Indonesia,” ujar Tio

0 comments:

Post a Comment