| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Sunday, April 10, 2016

Hanya Empat Persen Wilayah Laut yang Dilindungi, Hasil riset menunjukkan....




Meskipun upaya global untuk meningkatkan Kawasan Konservasi Laut (KKL) atau juga dikenal dengan Marine Protected Area (MPA), nyatanya hanya empat persen yang berada dalam payung daerah perlindungan Kawasan Konservasi Laut. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari University of British Columbia (UBC).


Para peneliti dari
Institut Kelautan dan Perikanan UBC menemukan bahwa masih banyak wilayah utama laut yang masih harus dilindungi untuk mencapai target dasar secara global.
Pada tahun 2010, perwakilan dari sekitar 200 negara bertemu di Nagoya, Jepang, dan mengadopsi target Aichi dari PBB, dalam upaya untuk mencegah berkurangnya keanekaragaman hayati laut secara cepat. Negara-negara tersebut berkomitmen untuk melindungi setidaknya 10 persen dari seluruh kawasan laut pada tahun 2020.
"Sasaran himbauan untuk mendapatkan lebih dari sekedar 10 pesen wilayah perlindungan (KKL)" kata seorang penulis Lisa Boonzaier. "hal tersebut membutuhkan  kawasan lindung yang dikelola secara efektif dan baik, representatif secara ekologis dan saling terkoneksi, kemudian semua itu akan membantu untuk memastikan bahwa KKL dapat berkontribusi lebih dari persentase yang ditargetkan dan memenuhi tujuan melestarikan keanekaragaman hayati."
Boonzaier percaya bahwa  negara-negara tidak hanya menciptakan lebih banyak KKL, tetapi mereka juga perlu untuk meningkatkan kualitas perlindungan dan meningkatkan persentase luasan, serta tidak memanfaatkan dan memberi menghindari tekanan ekologis pada daerah tersebut.
"no take" pada wilayah laut yang dilindungi adalah zona di mana adanya pelarangan aktivitas untuk mengekstrak sumber daya, termasuk sumber daya kehidupan, seperti ikan, krustasea, dan rumput laut, dan sumber daya non-hidup, seperti minyak dan gas. Hanya 16 persen dari daerah yang dilindungi atau 0,5 persen dari lautan global - yang ditunjuk sebagai "no take"
Namun, dekade terakhir telah terlihat peningkatan. Pada tahun 2006, diperkirakan hanya 0,65 persen dari laut dilindungi.
"Mengingat pembentukan daerah perlindungan laut yang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir, terutama secara khusus melalui Global Ocean Legacy Project dari Pew Charitable Trusts, ada kemungkinan bahwa Aichi Target bisa dicapai, yang akan menjadi prestasi besar," kata co- penulis Daniel Pauly, seorang profesor di Institut Kelautan dan Perikanan UBC.



sumber: sciencedaily.com

0 comments:

Post a Comment