| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Monday, March 21, 2016

Pengertian Laut dan Perbedaannya dengan Lautan


Secara umum pengertian Laut merujuk pada badan atau kumpulan air asin yang berada pada cekungan yang cukup luas. Rasa asin yang terkandung di air laut diperoleh dari adanya kandungan garam/ mineral, gas dan zat organik yang terlarut di dalam air laut.

Dalam hal ini, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya (lihat Pengertian Samudera), bahwa tidak ada satu laut pun yang terpisah atau terlepas antara satu dan lainnya. Setiap laut di permukaan bumi tetap terhubung satu dan lainnya.

Namun jika diperbandingkan dengan samudera (disebut juga lautan atau ocean), maka terdapat perbedaan terminologi secara geografis. Menurut istilah yang dipaparkan oleh NOAA, "Laut adalah bagian dari samudera yang sebagian sisinya berbatasan dengan daratan".

"

laut memiliki ukuran yang lebih kecil, berada di bagian tepi samudera dan memiliki sisi yang bersinggungan dengan pulau atau daratan.
Gambar di atas menunjukkan posisi Laut Bering yang meupakan bagian dari Samudera Pasifik, dan berbatasan dengan sejumlah daratan

Sejumlah orang menggunakan kata "laut" dan "lautan" secara bergantian saat berbicara tentang lautan/samudera, namun dalam terminologi yang digunakan untuk menunjukkan posisi secara geografis, maka penggunaan kata "laut" dan "lautan" harus merujuk pada padanan yang tepat.

0 comments:

Post a Comment