| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Friday, March 18, 2016

Ilmuwan Menguji Sebab Tenggelamnya Kapal di Segitiga Bermuda


Para ilmuwan di Norwegia berhasil melakukan sebuah tes yang mampu menjelaskan misteri hilangnya kapal yang sedang berlayar di daerah Segitiga Bermuda. Selama ini Segitiga Bermuda sangat diidentikkan sebagai daerah yang sangat angker untuk dilalui oleh pelayaran atau pun penerbangan, mengingat banyaknya kapal yang tenggelam dan hilang saat memasuki wilayah Segitiga Bermuda. Adapun Segitiga Bermuda terletak di antara  Puerto rico, Kepulauan Bermuda, dan Florida-Miami.



Para ilmuwan tersebut menguji teori mereka dengan sebuah percobaan yang menggunakan gelembung udara dalam jumlah besar yang diledakkan dari kolom perairan. saat gelembung udara tersebut muncul ke permukaan, maka akan menyebabkan tegangan ikatan air menjadi berkurang serta menurunkan bouyancy kapal, sehingga kapal menjadi tenggelam. Fenomena yang sama menjelaskan fenomena pasir hisap yang mampu menelan benda apapun yang masuk ke dalamnya.

Secara alami dasar laut dapat menyimpan gas metan, dimana di sejumlah wilayah dasar laut, keberadaan gas metan yang terkubur dalam jumlah besar di bawah dasar laut dapat meledak dan menimbulkan ledakan gas yang sampai ke permukaan laut. Hal ini lah yang mendasari munculnya teori tersebut.
bagaimana pun, teori ini dilakukan di daerah Norwegia yang terletak 6000 KM dari bermuda, sehingga perlu dilakukan uji lapangan langsung yang dapat mendekatkan kebenaran teori ini dengan kondisi di bermuda. Banyak teori lain yang bekerja untuk memecahkan misteri segitiga bermuda. antara lain adalah kondisi cuaca yang ekstrem dan berubah dengan cepat. di tambah lagi, kepulauan bermuda yang memiliki terumbu karang tepi yang dapat merobek lambung kapal dan menyebabkan kapal tenggelam. Segitiga bermuda masih akan tetap menarik jika dibiarkan menjadi misteri.

sumber: https://www.sciencedaily.com/

0 comments:

Post a Comment