| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Sunday, March 27, 2016

Dunia Paus dan Lumba-Lumba


Berapa jumlah spesies lumba-lumba dan paus? Dari mana mereka berasal? bagaimana tingkah laku mereka? temukan jawabannya dan banyak hal lainnya.


Varietas

‘Cetaceans’ adalah nama kelompok untuk seluruh paus dan laumba-lumba, berupa sebua ordo. Ordo ini tergolong besar dan memiliki sekitar 90 spesies, jadi mari kita pilah

Untuk memulai, mari kita bagi menjadi dua kategori; paus balin (Mysticeti/ baleen whale) dan paus bergigi (Odontoceti / toothed whale). balin adalah bilah halus seperti bulu sikat gigi (bristles) yang menggantung pada mulut bagian atas dari sebagian besar paus berukuran besar yang memungkinkan mereka menyaring makanan. Saat paus membuka mulut, air dan makanan, berupa krill dan ikan kecil masuk ke dalam mulut mereka. air melewati balin, namun makanan kecil tersebut tersangkut untuk kemudian di telan. Paus biru, bongkok, paus sikat masuk dalam kelompok ini.

selebihnya, sebagian besar kelompok paus dan lumba-lumba masuk dalam kelompok bergigi. dan mereka memakan mangsa seperti halnya karnivora. termasuk di dalamnya adalah paus berparuh (beaked whales), lumba-lumba, dan porpoise. Paus sperma masuk dalam kategori ini, dan menjadi satu-satunya paus berukurasn besar yang ada di sini, seperti halnya beluga dan narwhal.
Lumba-lumba membentuk grup terbesar, dan meskipun membingungkan, orca (paus pembunuh) dan paus pilot termasuk dalam kategori lumba-lumba. Lumba-lumba laut dapat ditemukan di seluruh dunia, bervariasi dari ukuran dan warna, tetapi jarang berada di dekat estuari dan pantai. Ada sedikit spesies berupa lumba-lumba air tawar, bagaimanapun, hanya ditemukan pada sejumlah sungai besar  di dunia. malangnya, lumba-lumba Sungai Yangtze telah dinyatakan punah pada tahun 2007.

Paus berparuh (beaked whale) adalah paus yang paling minim informasi yang kita miliki dari golongan cetacean, karena mereka menghabiskan banyak waktu untuk berada di lapisan laut dalam. paus ini memiliki sekitar 20 spesies.
porpoise memiliki penampakan seperti lumba-lumba, namun sebenarnya mereka berbeda. Porpoise dapat dibedakan dari lumba-lumba berdasarkan paruh yang lebih pendek dan gigi yang lebih datar.

Tingginya tingkatan keterampilan, kebiasaan makan, pola perilaku dan banyak lagi, maka paus, lumba-lumba atau porpoise dapat ditemukan hampir di setiap lingkungan perairan di planet ini.

Society

untuk mempertegas, mari kita nyatakan bahwa tidak ada paus atau lumba-lumba yang hidup di daratan. Mamalia laut sebenarnya sangat sosial, kadang-kadang membentuk kelompok super yang terdiri dari 1.000 individu atau lebih.

Komunitas yang luas ini, atau seperti sebuah tatanan masyarakat, tidak hanya untuk kelompoknya saja. Mereka dibangun di atas struktur yang kompleks dan tingkat saling ketergantungan yang hanya dapat ditempa dari ikatan sosial yang sangat kuat. Dalam beberapa masyarakat lumba-lumba, misalnya, beberapa anggota dari kelompok akan tinggal dengan individu yang terluka atau sakit, bahkan secara fisik mendukung mereka ke permukaan jika diperlukan sehingga mereka bisa bernapas.
 
Pembagian Peran yang sangat penting dalam masyarakat paus dan lumba-lumba. Individu yang lebih tua sering bertindak sebagai orang tua asuh (pengganti) atau sebagai penjaga individu yang masih belia (muda), sehingga tanggung jawab dapat dibagi dalam kelompok. Sistem mencari makan, pola migrasi, kelompok bermain dan banyak lagi, semua didasarkan pada sistem sosial yang kuat ini.

bersambung.....

0 comments:

Post a Comment