| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Tuesday, March 1, 2016

Yuk Mengintip Pesona Keindahan Wisata Laut Sabang


Sebenarnya, hampir seluruh penduduk Negeri ini sudah cukup tau nama Sabang. ya dari lagu "dari sabang sampai merauke, berjajar pulau-pulau...". Tapi ada beberapa juga yang bingung ketika disampaikan nama Pulau Weh. Pulau Weh merupakan sebuah pulau yang terletak di paling barat Indonesia dan terpisah dari daratan Aceh di Pulau Sumatera, Pulau Weh ini secara administratif merupakan bagian dari Provinsi Aceh. Sedangkan Kota Sabang merupakan kota yang berada di paling barat Indonesia yang terletak di Pulau Weh.

Sepanjang tahun, Sabang rutin dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal atau pun dari mancanegara. berbagai pesona keindahan alam di sajikan di sana. tentu yang paling menarik perhatian adalah wisata lautnya yang begitu eksotis.

"

Sebagai informasi tambahan, saat ini bepergian ke sabang sudah cukup mudah, wisatawan dapat menempuh perjalanan langsung via pesawat udara menuju sabang. alternatif lainnya adalah menggunakan kapal cepat yang berlayar rutin harian, hanya sekitar 45 menit dari pelabuhan Banda Aceh. Bisa juga menggunakan kapal feri roro, yang juga berlayar harian.

Salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar adalah Pantai Teupin Layeu. Pantai ini terletak di Iboih yang merupakan salah satu lokasi wisata yang sudah cukup terkenal di Pulau Sabang. Bagi sebahagian orang penyebutan Pantai Teupin Layeu kurang popular dan orang lebih suka menyebut Pantai iboih.

Terdapat banyak perahu yang dapat disewa untuk berkeliling pulau atau untuk sekedar melihat titik-titik untuk menerawang keindahan bawah laut di sekitar Pulau Rubiah.  Bagi yang tidak bisa berenang, perahu besar umumnya dilengkapi jendela kaca yang menghadap ke dasar dan dapat digunakan untuk melihat keindahan bawah laut dari atas kapal. Tetapi bagi yang ingin snorkling dan diving, kita bisa menyewa alat snorkling cukup dengan harga Rp 40.000 per orang dan medapatkan peralatan berupa pelampung, masker dan snorkle, serta fin atau kaki katak. tetapi untuk wisatawan yang memiliki kemampuan menyelam SCUBA bisa menyewa peralatan diving sekitar Rp 400.000 per orang atau 25 Euro bagi turis asing.

selanjutnya ada Pantai Gapang, yang tak kalah dengan Iboih. Pantai Gapang ini berada tidak jauh dari Pantai Iboih, Pantai Gapang memiliki pasir putih dan air lautnya yang jernih tidak kalah dengan Pantai Iboih. Bagi para wisatawan yang akan menuju ke tugu titik nol kilometer Indonesia di Sabang pasti akan melewati Pantai Gapang dan Pantai Iboih. Nama Pantai Gapang ini diambil dari nama pohon yang ada di sekitar Pantai ini.



Pantai Anoi Itam, dari sekian banyak pantai di Pulau Weh, mungkin pantai yang satu ini yang paling berbeda. Pantai Anoi Itam dyang apat diartikan sebagai pasit hitam dalam Bahasa Indonesia, konon memiliki berat jenis yang berbeda dengan pasir hitam di pantai-pantai lainnya. Beratnya kurang lebih tiga kali lipat berat pasir hitam pada umumnya. Hal ini disebabkan kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Paduan warna dari pasir hitam dan batu-batu kapur yang berwarna putih disekitarnya terlihat kontras dan memberikan sensasi keindahan tersendiri.


Sumur Tiga, merupakan pantai yang berpasir putih ini dikenal dengan panorama alam yang begitu mempesona. Pantai Sumur Tiga berlokasi di pantai timur Pulau Weh atau sekira 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Konon kaatnya, asal muasal nama Pantai Sumur Tiga ini dikarenakan memiliki tiga sumur air tawar disana. Sehingga oleh sebab iu tempat itu dinamai dengan nama Pantai Sumur Tiga. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai.


Pantai Kasih dan Tapak Gajah terletak saling berdekatan, mungkin terpisah sekitar 2 kilometer. Nama pantai Tapak Gajah diambil dari nama desa setempat. di Pantai Kasih kita dapat menikmati indahnya panorama matahari senja atau sunset.



dikutip dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment