| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Sunday, February 21, 2016

5 langkah Mudah Memilih Ikan Segar






Ikan merupakan salah satu makanan yang cepat rusak, karena kandungan protein yang sangat tinggi menyebabkan bau busuk yang menyengat. Memilih ikan berkualitas tinggi adalah mudah jika Anda tahu apa yang harus dilakukan.  Sebuah pemeriksaan sederhana dari pilihan makanan laut di pasar ikan lokal atau supermarket, Anda akan mengetahui apakah ikan segar atau pra-beku; ditangani dengan benar atau tidak benar; sehat atau tidak sehat.  

1. Periksa Kejernihan Mata
Sebelum Anda menangani ikan, periksa mata. Mereka harus sejernih kristal, gemuk dan cembung, basah, dan mengkilap, dengan tidak ada fitur cekung. Jika mata terlihat baik, Anda bisa yakin bahwa ikan itu segar dan sehat.

mata berawan = ikan
yang menyedihkan
Setelah ikan mulai membu
suk, mata menjadi kering, mengerut dan kemudian terlihat berawan. Hal ini menunjukkan ikan yang tidak sehat atau ditangani dengan tidak benar.


2. Periksa sirip
Ekor dan sirip punggung ikan harus tampak sehat, basah, dan utuh. Ikan yang telah salah penanganan akan
memiliki sirip yang koyak atau compang-camping, sementara sirip ikan yang lebih tua akan menjadi kering dan rapuh.

sirip robek dan compang-camping = ikan salah penanganan
Sirip yang Robek dan compang-camping mungkin berupa ikan yang terjaring atau telah ditangkap terlalu lama.


3. Tekan atau sentuh daging ikan
Jika penjual ikan memungkinkan, cobalah menyentuh ikan untuk tanda-tanda lebih lanjut dari kesehatan dan kesegaran.
Hal ini harus terasa dingin, basah, dan licin, tapi tidak lengket. Ketika ditekan, daging harus bangkit kembali ke bentuk alami, seperti jika Kita menekan daging Kita sendiri. Jika tidak bangkit kembali, itu adalah tanda pasti bahwa daging telah melunak dan tidak lagi layak untuk dibeli. (Maaf ya ikan.)

Daging lembek/ lunak= ikan tua
Ikan yang telah kehilangan bentuknya
adalah ikan yang tidak lagi segar.


4. Periksa insang
Periksa insang untuk vitalitas dan warna. Ketika pertama kali tertangkap, insang ikan ini tampak merah cerah, dan perlahan-lahan gelap dari waktu ke waktu. Cerah warna menandakan ikan yang segar. Insang juga harus terasa bersih dan dingin, tidak berlendir.

insang merah kecoklatan = ikan tua

Setelah beberapa hari, insang ikan akan menjadi coklat gelap atau bahkan berwarna hitam, menunjukkan bahwa mioglobin ikan telah teroksidasi menjadi metmioglobin, yang memiliki warna coklat-bata. Lendir akan
terbentuk seiring berjalannya waktu, yang juga sebagai penanda usia ikan. Di samping itu insang akan menjadi licin dan lengket.

5. Sentuh sisik
Sisik dirancang untuk melindungi ikan dari lingkungan berair yang keras. Ketika ikan segar, sisik akan terlihat tegas dan mengkilap. Sisik ikan kurang segar akan sering kali terlepas saat Anda menjalankan tangan Anda di atas ikan tersebut, dan ikan dapat tampak kering dan tak beraturan.
 

Sumber: Chefsteps

0 comments:

Post a Comment