| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Friday, January 1, 2016

Pengertian Selat dan Selat Utama di Dunia



Sebuah perairan yang dikatakan sebagai selat merujuk pada perairan sempit yang terbentuk secara alami, dan menghubungkan dua massa air besar. Jika selat ini merujuk ke perairan di laut, maka selat berada di antara dua dua massa daratan serta menghubungkan dua buah lautan. Umumnya sebuah perairan sempit dapat disebut sebagai selat jika perairan tersebut mampu memenuhi kapasitas pelayaran atau lalu lintas kapal yang melalui daerah tersebut. sehingga perairan yang terlalu dangkal, terlalu sempit, atau terdapat berbagai halangan alami seperti keberadaan terumbu karang, tidak dapat dikatakan sebagai selat.

Dalam konteks definisi di atas, terdapat juga istilah kanal (canal) dan sungai yang juga merujuk pada celah perairan yang menghubungkan dua massa air. Kanal umumnya merupakan hasil karya manusia yang berbentuk perairan sempit yang berada pada daratan genting untuk menghubungkan dua massa air yang terpisah oleh daratan tersebut. dan sungai, bisa saja menghubungkan dua buah massa air danau besar, atau dari sebuah danau besar yang menghubungkan ke laut. NAMUN, meskipun memiliki definisi yang hampir sama, penggunaan istilah selat lebih merujuk pada sebuah lingkungan alami yang lebih besar, lebih lebar dari sebuah lingkungan laut. Sehingga penggunaan istilah selat, kanal, dan sungai tidak dapat disatukan untuk merujuk pada suatu kondisi perairan.

Selat, di laut, memiliki kondisi oseanografi yang unik, seperti arus yang memasuki celah/selat akan semakin tinggi, sesuai dengan hukum hidrodinamika. selat juga terpengaruh oleh kondisi pasang surut (pasut), dimana umumnya karakteristik di suatu selat akan membentuk pola pasut yang berbeda dengan pasut di perairan di sekitarnya. Kondisi pasut dan arus yang terbentuk di selat memiliki potensi untuk dimanfaatkan menjadi energi alternatif dengan membangun turbin penggerak.

adapun selat-selat yang paling populer di dunia adalah
  • Selat Magellan, menghubungkan antara Samudera Pasifik dan Atlantik Selatan, berada di Negara Chili
  • Selat Gibraltar, menghubungkan Laut Mediteranian dan Samudera Atlantik, berada di Negara Spanyol dan Maroko
  • Selat Hormuz, Menghubungkan Teluk Persia dan Samudera Atlantik, berada di Negara Iran dan Oman
  • Selat Dover, menghubungkan Kanal Inggris dan Laut Utara, berada di Negara Inggris dan Perancis
  • Selat Bering, menghubungkan antara arctic dan pasific, berada di antara Amerika dan Russia. 
  • Selat Bosporous, menghubungkan Laut Hitam dan Marmara, berada di Turki
  • Selat Florida, menghubungkan Teluk Meksiko dan Samudera Atlantik, berada di Negara Kuba dan Amerika.
Indonesia sendiri Punya beberapa selat besar, diantaranya:
  • Selat Malaka, menghubungkan Laut Andaman dan Laut Cina Selatan, berada di antara Indonesia dan Malaysia
  • Selat Sunda, Menghubungkan Laut Jawa dan Samudera Hindia, berada di Indonesia yang terletak antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera
  • Selat Makassar, menghubungkan Laut Jawa dan Laut Sulawesi (Celebeze Sea), berada di Infonesia yang memisahkan Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan

0 comments:

Post a Comment