| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Monday, February 22, 2016

Nama Laut di Indonesia





Sebuah laut adalah badan air asin yang sebagian atau sepenuhnya mengelilingi pulau atau daratan. Lebih lanjut, Laut adalah system perairan asin yang merupakan bagian dari lautan dunia baik terkait langsung atau tidak langsung dengan perairan samudera. Pada dasarnya tidak ada perbedaan mencolok antara pengertian laut dan samudera (lautan) karena keduanya temasuk dalam system lautan dunia (global ocean), hanya saja laut merujuk pada badan air yang lebih kecil dibandingkan samudera.


Laut di Indonesia

Indonesia memiliki 9 laut yang dikenal, dan memiliki batas dengan sebuah Samudera, yaitu Samudera Hindia (bukan Samudera Indonesia yang terkadang disalah namakan oleh sebagian dari kita). masing-masing laut memiliki ciri yang spesifik yang disebabkan oleh perbedaan pola sirkulasi dan batas-batas yang terdapat padanya. Keadaan ini juga dapat diartikan sebagai melimpah dan beragamnya potensi kekayaan laut Indonesia, baik hayati atau non-hayati. Dan inilah nama-nama laut tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke:
  1. Laut Arafura, terletak disebelah selatan Kepulauan Aru
  2. Laut Banda, terletak disebelah selatan Pulau Seram
  3. Laut Flores, terletak disebelah utara Pulau Flores
  4. Laut Jawa, terletak disebelah utara Pulau Jawa
  5. Laut Maluku, terletak disebelah barat Pulau Halmahera
  6. Laut Sawu, terletak disebelah selatan Pulau Flores
  7. Laut Seram, terletak disebelah utara Pulau Seram
  8. Laut Sulawesi, terletak disebelah utara Pulau Sulawesi
  9. Laut Timor, terletak disebelah timur Pulau Timor

lebih lengkapnya dapat dipandu dari peta di bawah ini:
sumber: http://www.mapsofworld.com




adapun satu lagi laut yang sering terdengar, yaitu Laut Cina Selatan. Laut ini secara geografis berbatasan erat dengan Indonesia, tepatnya di Barat Laut-Utara Kepulautan Natuna. Memanasnya isu Laut Cina Selatan belakangan ini turut memaksa Indonesia untuk lebih waspada, meski pun nyatanya Negara Indonesia tidak termasuk dalam kawasan yang berada di dalam Laut Cina selatan.

0 comments:

Post a Comment