| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Tuesday, March 1, 2016

LAUT MATI: Bukan Laut, Tapi Danau




Laut Mati adalah danau garam yang terletak di antara Palestina dan Israel di bagian barat dan Yordania di timur. Bagian tepi Danau Laut Mati disebut sebagai daratan rendah -bahkan terendah- yang ada di permukaan bumi, yakni 420 meter di bawah permukaan laut. Dengan 30 persen salinitas, sehingga memiliki kadar garam 8.6 kali dari laut atau lautan (umumnya laut memiliki salinitas 35 ppt atau setara dengan 3,5%).



"Pendekatan Danau Laut Mati sebagai sebuah laut rasanya sangat tidak tepat, mengingat Danau Laut Mati tidak memenuhi kaidah untuk dikatakan sebagai sebuah laut. Dalam hal ini, Laut Mati lebih tepat disebut sebagai sebuah danau, Danau Laut Mati. "

Danau Laut Mati memiliki pengunjung yang berkisar ribuan setiap tahunnya, untuk berbagai tujuan. Ada yang sekedar berwisata, namun juga ada yang bertujuan untuk spa dan terapi kesehatan. Sebagian percaya kandungan mineral dan garam yang terdapat di sekitar Danau Laut Mati memiliki banyak khasiat, terutama untuk kesehatan.

sebuah fakta menarik yang digali akhir-akhir ini, menggunakan bantuan citra satelit, adalah area di sekeliling Laut Mati (terletak di Great Rift Valley), mengungkapkan bahwa titik tersebut adalah yang terendah di permukaan bumi, dimana lokasi tersebut berada 400 meter di bawah permukaan laut. faktanya adalah, sebagai titik terendah di permukaan bumi, air laut tidak mengalir menggenangi daerah tersebut.

Pembentukan Laut Mati

Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan (Jordan Riff Valley) di mana air laut masuk dan terkumpul. Iklim kering dan penguapan (evaporasi) tinggi membantu meningkatkan konsentrasi mineral dalam air, dimana proses penguapan akan mengangkat air ke atmosfer sementara garam tertinggal di danau. Ditambah lagi dengan proses input mineral dan garam yang berasal dari daerah sepanjang retakan ini sehingga masuk dan terakumulasi di badan air danau, membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia. Pada akhirnya danau ini dinamakan Laut Mati karena memiliki kandungan garam (airnya berasa asin) namun tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam yang cukup ekstrim ini.
 

Penjelasan AlQuran

Dalam kitab agama, Laut Mati juga disebutkan, baik dalam Injil (Bible) atau AlQuran. Penjelasan AlQuran terhadap Laut Mati sebagai tempat atau daerah kerajaan kaum sodom, yang menjadi bangsa diutusnya Nabi Luth عليه السلام (Qur'an 21:74-75).

Namun ada yang lebih menarik lagi, dimana kebenaran AlQuran dibuktikan:
Bangsa Romawi telah dikalahkan di tanah terdekat, dan mereka, setelah kekalahan mereka, akan menang dalam 'bedd (tiga sampai sembilan) tahun .... (Quran, 30:2-4)
Penjelasan lebih lanjut, kata terdekat dalam ungkapan Adna al ard diartikan sebagai tempat yang dekat dalam banyak terjemahan. Namun ini bukanlah makna harfiah dari kalimat tersebut. Tetapi lebih berupa sebuah penafsiran atasnya. Kata Adna dalam bahasa Arab diambi dari kata Dani yang berarti rendah. Dan Ardh yang berarti Bumi. Karena itu, ungkapan Adna al Ard berarti tempat paling rendah di Bumi. [1].

Yang paling menarik, tahap-tahap peperangan antara kekaisaran Bizantium (Romawi) dan Persia ketika Bizantium dikalahkan dan kehilangan Yerusalem, benar-benar terjadi pada titik terendah di Bumi. Wilayah yang dimaksudkan ini adalah cekungan Laut Mati (The Dead Sea). Yang terletak di titik pertemuan wilayah yang dimiliki Suriah, Palestina dan Yordania. Akhir cerita ramalan dalam AlQuran menjadi nyata setelah Romawi berhasil merebut kemenangan dalam waktu dan tempat yang disebutkan.

Oleh karena itu kini jelaslah bahwa ayat dalam Alquran yang menyatakan sebagai tempat terendah di bumi, yang disampaikan 1.400 tahun yang lalu adalah benar adanya. Suatu bukti keajaiban Alquran yang hanya bisa dibuktikan ketika manusia berhasil menemukan satelit dan tehnologi modern lainnya.

0 comments:

Post a Comment