| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Saturday, February 27, 2016

Kapal Riset, Kebutuhan dalam Bidang Kajian Kelautan dan Perikanan



 kapal riset atau dikenal dengan Research vessels (disingkat RV) menjadi sebuah kebutuhan utama untuk melakukan penelitian ke laut. Tujuan paling penting kapal riset  adalah bahwa kapal ini membantu dalam proses analisis rinci dan penelitian yang dilakukan di laut untuk berbagai bidang kajian. Jenis kapal ini dirancang dan dibangun sedemikian rupa sehingga mereka dapat menghadapi kondisi yang paling ekstrim dari lingkungan laut.


kapal riset awal sekali dikenal berasal dari pertengahan 1700an ketika petualang yang paling terkenal James Cook mempelajari gerakan planet saat ia di Pasifik. Pada saat itu James Cook menyewa sebuah kapal umum, belum ada penyebutan kapal riset, tetapi kapal yang disewanya memenuhi segala ekspektasi yang dibutuhkan sebagai salah satu kapal yang sangat handal di lautan.
Kapal riset dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan dan dapat beroperasi pada daerah yang cukup beragam. Beberapa tujuan utama dari kapal penelitian adalah:
  • survei Seismic (yang dilakukan oleh kapal seismik)
  • Survei Hidrografi
  • Penelitian Oseanografi
  • Penelitian kutub (polar)
  • Penelitian Perikanan
  • Studi Naval / Pertahanan
  • Penelitian Minyak (petroleum)
kapal riset dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit dijelajahi, speerti daerah kutub, dengan menggunakan kapal khusus yang beroperasi pada daerah tersebut. Terdapat desain khusus pada kapal yang memungkinkan kapal untuk membuka jalan pada perairan yang tertutupi es dan berhadapan dengan kondisi cuaca ekstrim.
kapal riset juga dapat digunakan untuk mempelajari biota laut dan bentuk kehidupan di berbagai perairan. Termasuk dalam hal ini bidang kajian yang mempelajari distribusi ikan, khususnya ikan komersil (pelagis penting), di wilayah perairan laut. kapal riset yang digunakan untuk tujuan ini dilengkapi dengan peralatan penangkapan ikan yang diperlukan yang mendukung proses sampling.
Kapal riset lainnya bisa digunakan di wilayah lepas pantai untuk mendukung sektor minyak dan gas dalam proses penggalian sehingga memungkinkan untuk eksplorasi minyak mentah dan gas di bawah air yang lebih baik. Kapal ini digunakan untuk menentukan tempat terbaik untuk memasang peralatan yang diperlukan untuk pengeboran atau kilang minyak/gas.


Sebagai sarana memperkuat keamanan maritim suatu negara, kapal penelitian difungsikan pada tingkat nasional, guna memantau kondisi dan tingkat keamanan angkatan laut dari kemungkinan invasi.

 kajian lapangan dalam bidang oseanografi juga mengharuskan penggunaan kapal penelitian. Penelitian tersebut mencakup studi pasang surut, pemantauan kondisi fisika-kimia perairan laut dan mempelajari dampak dari aktivitas seismic.
terdapat salah satu kapal riset yang paling terkenal yaitu "flip-ship" yang ketika beroperasi maka orientasi kapalnya akan berubah. kapal lainnya yang juga cukup terkenal adalah G.O Sars.

Indonesia sendiri memiliki sebuah kapal riset canggih yang beroperasi di bawah naungan LIPI, yang bernama BARUNA JAYA VIII.


sumber: http://sea-jobs.net

0 comments:

Post a Comment