| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Thursday, February 11, 2016

Hadiah 7 Juta Dolar Shell Adakan Kompetisi Robot yang Mampu Mengeksplor Lautan





Shell menjadi sponsor utama dari sebuah kompetisi X Prize yang menantang para pesertanya untuk membuat peta bawah laut di kedalaman 4km seluas 500 km persegi. Kompetisi ini bernilai 7 Juta USD yang dibagi menjadi beberapa kriteria dan diselengarakan hingga akhir tahun 2018.


 “Lautan kita meliputi dua pertiga dari permukaan planet kita dan merupakan sumber  penting untuk makanan, energi, keamanan, ekonomi dan bahkan udara yang kita hirup, namun 95 persen dari laut dalam masih merupakan misteri bagi kita,” Dr Peter Diamandis CEO dari organisasi X Prize.

Robot yang dibuat pada kompetisi yang akan diselenggarakan ini diharuskan tanpa kabel atau autonomous, hal tersebut di ungkapkan Dr Peter Diamandis CEO dari organisasi X Prize. Kompetisi ini akan menghasilkan robot yang jauh lebih autonomous, lebih kecil dan pastinya akan lebih murah, ungkapnya.

Adapun penilaian didasarkan pada keberhasilan robot atau kendaraan bawah air yang mampu memberikan peta batimetri resolusi tinggi, gambaran objek-objek spesifik, identifikasi ciri tampilan arkeologi, biologi atau geologi. adapun penilaian tambahan didasarkan pada kemampuan robot untuk melacak keberadaan sinyal kimia dan biologi serta mengarahkan kepada sumbernya.

Pada kompetisi sebelumnya organisasi X Prize telah membuat kompetisi tentang teknologi clean-up oil spill dan kompetisi membuat sensor ocean-acidification.

bagaimana, BERMINAT????


Sumber: kkpnews, xprize

0 comments:

Post a Comment