| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Tuesday, March 1, 2016

Bukan Buaya Darat, Ini BUAYA LAUT Loh!!!


Mungkin nama buaya lebih dikenal hidup pada perairan tawar atau juga perairan rawa. Atau mungkin saja istilah buaya darat lebih populer dibandingkan hewan yang bernama buaya itu sendiri.

Buaya Laut (Crocodylus porosus), juga dikenal sebagai buaya estuari atau Buaya Indo-Pasifik. Buaya merupakan salah satu reptil yang terbesar yang ditemukan saat ini. Panjang buaya ini dapat mencapai 6,3 meter, dengan umumnya ditemukan sekitar 4,3 hingga 5,2 meter, untuk seekor buaya jantan. Dengan ukuran itu, buaya jantan dapat mencapai bobot 400 hingga 1000 kg. Ukuran Buaya betina jauh lebih kecil, yakni sekitar 3 meter "saja". Dengan predikat "buaya Laut", hewan ini biasanya berada pada perairan payau, estuari, daerah mangrove, daerah rawa (peat swamps), dan bahkan di perairan asin (air laut).


Buaya Laut merupakan predator yang agresif. Memakan hampir semua jenis binatang yang masuk ke daerahnya, seperti ikan, krustase (udang-udangan, lobster, kepiting), reptil lainnya, burung, mamalia, termasuk predator lainnya seperti hiu dan BAHKAN manusia!!

Penyebaran biota ini berada di sekitar bagian pesisir daerah Indo-Australia. tersebar dari pantai utara Australia, hingga pantai selatan India. termasuk di dalamnya Indonesia, Papua Nugini, Filipina dan negara Asean lainnya.

0 comments:

Post a Comment