| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Friday, January 22, 2016

Apa Itu LAUTAN (OCEAN)?





Meskipun umumnya dikenal memiliki sejumlah lautan yang 'terpisah', perairan ini secara global terdiri dari satu, badan air asin yang saling berhubungan dan sering disebut sebagai Samudra Dunia atau lautan global.

konsep mengenai lautan global sebagai sebuah badan air yang berkesinambungan dengan interaksi bebas antara bagian-bagiannya adalah dasar yang paling penting dalam oseanografi.



Divisi-divisi utama lautan didefinisikan dari pembatasan oleh benua, berbagai kepulauan, dan kriteria lainnya: pembagian ini adalah (dalam urutan ukuran) Samudra Pasifik, Samudera Atlantik, Samudera Hindia, Samudera Selatan (yang kadang-kadang digolongkan sebagai bagian selatan Pasifik, Atlantik, dan Hindia), dan Samudra Arktik (yang kadang-kadang dianggap lautan Atlantik).

Pasifik dan Atlantik dapat dibagi lagi berdasarkan batas khatulistiwa menjadi bagian utara dan selatan.

daerah yang lebih kecil dari lautan disebut laut, teluk, selat dan nama-nama lain.

Ada juga beberapa badan air asin yang berukuran lebih kecil yang benar-benar terkurung daratan dan tidak saling berhubungan dengan lautan global, seperti Laut Kaspia, Laut Aral, dan Great Salt Lake - meskipun mereka dapat disebut sebagai 'laut', mereka benar-benar danau yang memiliki kandungan garam.

Secara geologis, samudra adalah sebuah daerah dari bagian kerak samudera (oceanic crust) yang tertutup oleh air.

kerak samudera adalah lapisan tipis basalt vulkanik yang terpadatkan yang menutupi mantel bumi (Earth's mantle) dimana tidak terdapat benua (kerak benua/ continental crust).

Dari perspektif ini, ada tiga lautan saat ini: Ocean World, Kaspia dan Laut Hitam, dimana dua terakhir yang dibentuk oleh tabrakan Cimmeria dengan Laurasia.

Laut Mediterania merupakan laut yang hamper sangat terpisah (discrete), yang terhubung ke Ocean World melalui Selat Gibraltar, dan memang beberapa kali selama beberapa juta tahun yang lalu pergerakan lempeng Benua Afrika telah menutup selat sepenuhnya.

Laut Hitam terhubung ke Mediterania melalui Bosporus, tapi ini adalah akibat dari sebuah kanal alami yang memotong bebatuan benua sekitar 7.000 tahun yang lalu, bukannya sepenggal dasar laut samudera seperti Selat Gibraltar.

0 comments:

Post a Comment