| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Tuesday, January 5, 2016

WOW, Fosil Ikan 300 Juta Tahun lalu Ditemukan..!!!



Dunia penelitian dikejutkan dengan penemuan dua fosil ikan hiu berukuran besar. Fosil tersebut diperkirakan berusia ratusan juta tahun. Para peneliti memperkirakan fosil hiu raksasa tersebut hidup pada 300 juta tahun lalu, selama periode yang disebut Carboniferous.
 
sebelumnya hasil analisis fosil mengungkapkan bahwa fosil hiu raksasa hanya ditemukan pada bebatuan fosil berusia 130 juta tahun, yang hidup di jaman dinosaurus. Hiu terbesar yang pernah hidup di jaman itu biasa disebut spesies Megalodon.
Megalodon nyatanya jauh lebih muda jika dibandingkan dengan penemuan fosil tertua ini, dimana penemuan megalogon termuda berusia 15 juta tahun. Megalodon biasa menjelajahi jalur laut kuno selama masa Miocene ke Pliocene yang terjadi sekira 15 juta hingga 5 juta tahun yang lalu. Ini berarti, temuan dua fosil baru dari perairan Texas, menunjukkan bahwa hiu raksasa lebih lama ditemukan untuk masuk ke dalam catatan penemuan fosil. adapun hiu bisa masuk ke Texas diakibatkan dataran texas dibanjiri oleh air laut yang membentuk perairan laut dangkal.

John Maisey dari American Museum of Natural History di New York dan rekan-rekannya memperkirakan, hiu raksasa “supershark” di Texas itu memiliki panjang 18 dan 26 meter. “Tentunya fosil ini yang terbesar dari spesies lain, 25 persen lebih besar dari hiu predator terbesar saat ini hiu putih raksasa,” tuturnya dilansir Okezone.

Para peneliti menyatakan, fosil-fosil ini mungkin milik spesies hiu yang telah punah disebut Glikmanius occidentalis, bisa juga mereka merupakan spesies baru lebih besar yang terkait baru bagi ilmu pengetahuan.
Adanya penemuan fosil hiu raksasa ratusan jutaan tahun itu akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan untuk Society of Vertebrate Paleontology di Dallas, Texas. Sebuah organisasi non-profit yang didedikasikan untuk sebuah penemuan.


sumber: di sini, di sini

0 comments:

Post a Comment