| Jelajah dan Ilmu Dunia Laut |

Followers

Wednesday, December 2, 2015

HARI NUSANTARA 2015 PROVINSI ACEH



Deklarasi Djoeanda tanggal 13 Desember 1957 menegaskan bahwa semua perairan di sekitar, di antara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang masuk daratan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah bagian-bagian yang tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Republik Indonesia. Beranjak dari semangat Deklarasi Djoeanda, Indonesia menetapkan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara dan menjadi hari perayaan nasional. Semangat Hari Nusantara ditujukan untuk mempertahankan NKRI dan perjuangan menegakkan kedaulatan bangsa, khususnya bidang maritim.
Posisi geografis Indonesia yang dikelilingi lautan merupakan anugerah dan potensi yang cukup besar untuk dimanfaatkan. Namun di balik itu, wilayah perairan Indonesia yang luas juga memiliki banyak potensi ancaman yang dapat merugikan Bangsa Indonesia. Perairan Barat Indonesia contohnya, merupakan salah satu gerbang utama lalu lintas global, dimana perairan ini memiliki banyak persinggungan dengan sejumlah negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan India. Terdapat sejumlah ancaman terhadap pelanggaran kedaulatan NKRI yang terjadi seperti pelanggaran batas pelayaran, penjarahan hasil laut, perusakan habitat laut, bahkan konflik yang melibatkan kekerasan yang terjadi di atas perairan Republik Indonesia.
Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum memahami pentingnya azas Kenusantaraan. Oleh sebab itu momentum Hari Nusantara dapat dijadikan sebagai sarana untuk memberikan kesadaran dan pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya pembinaan di wilayah-wilayah perbatasan serta pengobaran semangat kenusantaraan.

Dalam landasan semangat persatuan Nusantara, Provinsi Aceh mengadakan peringatan Hari Nusantara pada Tahun 2015 dengan mengusung tema “Menegakkan Kedaulatan Bangsa Melalui Pembangunan Poros Maritim Dunia”. Diharapkan momentum pelaksanaan Hari Nusantara dapat mengakar ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Termasuk akademisi bidang kelautan yang merupakan salah satu unsur vital dalam mewujudkan konsep kedaulatan Negara Indonesia dalam bidang maritim.

0 comments:

Post a Comment